Kamis, 16 September 2021

Ikonik Batik Motif Song Song Populerkan Desa Sewulan



Kabupaten Madiun mempunyai banyak
motif batik yang ikonik. Selain kampung pesilat, motif song song dari Desa Sewulan Kecamatan Dagangan juga tak kalah tersohor. 

Song song merupakan salah satu benda bersejarah dalam kearifan lokal di Desa Sewulan. Guratan tersebut wajib ada di setiap kain batik yang dibuat warga setempat, dengan kombinasi berbagai macam hasil pertanian di Kecamatan
Dagangan. 

Selain mempertahankan unsur budaya,
penggunaan motif song song sebagai langkah mengenalkan Sewulan. 

Song song adalah payung pusaka pemberian Keraton Kartasura sebagai hadiah serta tanda penugasan wilayah kepada R.M. Bagus Harun Basyariah Sewulan dalam menyebarkan pendidikan agama Islam. 

Hadiah ini diberikan setelah Bagus Harun membantu pihak keraton melawan konflik dengan VOC. Song song ini kemudian dijadikan motif batik khas Sewulan.

Batik song song baru dikenalkan ke publik pada tahun 2018. Meski baru tiga tahun, batik song song sudah mendapatkan banyak penggemar. 



Bupati Madiun dan Wakil Bupati Madiun juga mengenakan batik ini dalam beberapa acara. Sehingga menjadi penyemangat para pembatik di Desa Sewulan yang berada di bawah
naungan Badan Usaha Milik Desa Mesem Guyu.

Satu potong batik song song dibanderol 200 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah. Pembatik di Desa Sewulan juga menerima pesanan motif khusus baik ecer maupun grosir. Untuk memesannya, bisa melalui Instgaram atau datang langsung ke Balai Desa. Dilansir dari situs Pemkab Madiun.

0 komentar:

Posting Komentar