Sabtu, 02 Oktober 2021

Begini Tips Baterai Sepeda Listrik Tetap Awet



Sepeda listrik makin digemari karena selain ramah lingkungan juga hemat energi tidak membutuhkan bensin, hanya butuh dicas dengan listrik. Harga maupun merek sepeda listrik pun bervariasi yang ditawarkan toko sepeda listrik, salah satunya Big Bike Surabaya.

Merek Sepeda Listrik diantaranya; Selis, Antelope, Sun Race, U Winfly, Volta dan sebagainya. Harga mulai dari 3 juta hingga puluhan juta rupiah. Modelnya juga bermacam-macam ada roda dua layaknya motor pada umumnya, dan roda 3 yang unik.

Sun Race tipe Winner dengan desain mirip Mio dibandrol 7,5 juta rupiah, berkecepatan 45 km/jam, jarak tempuh 40 km, beban max 150 kg, baterai 48 V - 12 Ah, 350 Watt, ban 16"x300, keunggulan; bagasi, pedal assist dan lampu sein. 





Sun Race juga menawarkan seri Jupiter dan Master dibandrol Rp.15.900.000. Namun yang suka santai juga ada Sun Race City semacam city bike dengan harga Rp. 4.200.000.

Bila ingin roda 3, bisa memilih Antelope Nova dengan desain elegan seharga kurang dari 9 juta rupiah. 3 ban tubeless 14"X2.5' rem parking di tuas jagang samping dan tengah, kerangjang, spion, lama pengecasan maksimal 4-6 jam, lampu LED, baterai lead Acid 48V 12Ah, jarak tempuh 48 km dan berat 120 kg. Antelope menawarkan banyak jenis sepeda listrik yang unik.

Tak kalah seru dengan U-Winfly menawarkan sepeda listrik roda 2 dan 3. Bahkan tipe LS A/T-New bisa dibuatkan STNK dengan baterai 60V / 20 Ah, 800 Watt, kecepatan 55 km/jam, daya angkut 150 kg, ban R10 x 330 tubeless dan tersedia berbagai warna.

Selis menawarkan sepeda listrik roda 2 dan 3 berbagai tipe, bahkan ada yang model lipat, city bike dan sebagainya. "Semuanya bisa didapatkan di Big Bike. Juga tersedia sparepartnya," terang Rudy.

Rudy dari Big Bike menjelaskan agar baterai sepeda listrik tetap awet tahan lama yakni harus sering dipakai, jika jarang dipakai misalnya seminggu atau dua minggu, bikin aki tidak awet.

Sewaktu mengecas baterei sebaiknya dengan waktu pendek yakni 2 jam. Indikator baterai turun 1 strip, bisa langsung dicas, karena jika ngecas 4 jam aki menjadi panas menjadikan baterai tidak awet.





Cara mengecas, jika sepeda listrik habis dipakai, dimatikan lalu tunggu 30 menit agar baterai dingin, baru dicas. Misalkan indikator turun 2 atau 3 strip lebih, cara mengecas 2 jam pertama, dicabut lalu tunggu 30 menit dilanjutkan kembali 2 jam lagi hingga penuh.

Kalau ngecas sampai penuh bisa, tapi setelah indikator baterai menunjukkan warna hijau segera dicabut. 

"Customer saya baru ganti aki 5 tahun, karena sepeda dipakai setiap hari dan jalannya tidak ngebut tapi santai saja," jelas Rudy.

Untuk sepeda listrik jika terkena hujan tidak masalah, namun jangan sampai menerjang banjir karena merusak komponen baterai, pungkas Rudy.

BigBike - Sepeda Listrik

Jl. Manyar Rejo X no 7 Kota Surabaya
Buka jam 10 pagi sd 5 sore
👉Wa: 81318390303👈

https://maps.app.goo.gl/Vt35ZiFiv9Rxh3258

0 komentar:

Posting Komentar