Jumat, 05 November 2021

Unik, Tiap Tahun Bunga Bangkai Muncul di Pekarangan Warga Desa Winongan Pasuruan



Bunga Bangkai atau suweg raksasa yang populer disebut Raflesia Arnoldi muncul di sekitar pemukiman warga Desa Winongan Kidul, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. 

Bunga yang terkenal dengan bau busuk ini berwarna merah tua kombinasi hijau, dan terdapat bintik-bintik keputihan yang menghiasai tepian bunga.

Saat warga menemukan bunga bangkai tingginya masih sekitar 15 hingga 25 sentimeter dan belum tercium bau busuknya, pada Rabu (03/11/2021) kemarin.

"Kalau sudah mekar, biasanya bau menyengat mulai terasa," kata Malik, salah satu warga sekitar.

Dari pantauan di lapangan, bunga bangkai yang ditemukan warga, berjenis Amorphopphallus Paeoniifolius. Ternyata bunga ini hampir setiap tahun tumbuh di pekarangan rumah warga tersebut. Bahkan bunga bangkai yang muncul tak hanya satu, melainkan dua. Satu mulai mengembang. Satu lagi masih kuncup.

Bunga bangkai merupakan tumbuhan suku talas talasan asli dari Sumatera Indonesia. Bunga terbesar di dunia ini bisa mencapai 5 meter dan mengeluarkan bau bangkai sehingga mengundang lalat dan kumbang datang menyerbukinya. 

Kini bunga bangkai tersebar ke penjuru dunia terutama di kebun botani atau penangkar-penangkar spesialis. Di Amerika, bunga bangkai yang muncul  selalu menarik perhatian pengunjung. Mereka datang untuk menikmati baunya.

0 komentar:

Posting Komentar