Senin, 03 Januari 2022

Motret Toys Bagi Pemula Ala Fotografer Yanwie Sing



Yanwie Sing salah satu fotografer Surabaya yang tergabung dalam Unimaxx Photo Community penggemar berat Toys Photography. Lelaki asal Banjarmasin Kalsel ini juga berbagi pengalaman memotret Toys untuk pemula. 

Sebelumnya, Yanwie Sing menceritakan jika dirinya mulai tertarik Toys Photography pada tahun 2017. Saat itu, ia melihat hasil karya orang lain yang bagus. Ia lantas mencari figure-figure Toys untuk pemotretan. 

"Untuk memotret toys bisa pakai ponsel, kamera pocket atau kamera lain.  Sembarang kamera bisa. Tapi carilah anglenya dan perhatikan tema. Buat pemula bikin yang mudah dulu, misalnya gelas untuk minum, pinsil untuk pembanding dan sebagainya. Pilihlah tema yang simpel sehari-hari dulu," terang Yanwie Sing berbagi pengalaman.




Lebih lanjut, Yanwie Sing menjelaskan Toys Photography bisa untuk mengisi waktu luang tak sekedar hobi bahkan menjadi tambahan penghasilan dengan endors.

Toys photography adalah fotografi yang melibatkan mainan sebagai modelnya. Mainan-mainan tersebut pada umumnya lebih ke produk, tak sekadar menjadi pajangan seperti action figure atau pun diecast. Toys Photography juga dibutuhkan untuk produk makanan, kecantikan, kesehatan dan sebagainya, ungkap Yanwie Sing.

"Saya berharap Toys Photography dikenal luas anak muda, karena kreatif," imbuh Yanwie Sing yang mempunyai konsumen dari berbagai produk. 

Saat ditanya dimana bisa mendapatkan toys figure, ia menjawab banyak dijual di online shop. Yanwie Sing mengatakan bahwa keunggulan hobi Toys Photography, tidak perlu kemana-mana. "Bisa di satu ruangan, sudah cukup," pungkasnya 

Denny D'Colo menambahkan untuk memotret toys jika dengan cahaya yang ada (tanpa tambahan cahaya dari senter/Continuous Light, dan sebagainya),  biasanya menggunakan settingan; f 2.8 hingga f 5.6, ISO 100, Shutter speed 1/20 hingga 1/ 60.  Jika slowspeed wajib menggunakan tripod.

Namun bila menggunakan tambahan cahaya (senter/LED/FLASH, dan sebagainya) maka disetting : f 4 hingga f 8
ISO 100, Shutter Speed 1/30 hingga 1/60
tergantung "metering pencahayaan" yang diinginkan.



Denny D'colo, pendiri sekaligus ketua Komunitas Foto UNIMAXX menekuni toys photography sejak 4 tahun silam. Sama dengan yang diungkap Yanwie Sing, Denny D'Colo pun memberikan tips bagaimana memotret mainan berskala 1:87 yang hanya 2 cm. 

"Pertama, tentukan konsepnya terlebih dahulu. Kemudian siapkan properti atau dioramanya. Lalu perhatikan pencahayaan, warna, komposisi dan sebagainya," imbuhnya.

Memotret toys selain hobi juga bisa menjadi komersil, jelas Denny D'Colo. Banyak karya fotografer yang menekuni Toy's Photography dan menjadi sumber dana atau bernilai jual.

0 komentar:

Posting Komentar