Jumat, 25 Februari 2022

Unik Nuansa Tempo Dulu di Wisata Kuliner Tradisional Pasar Kali Klepu



Pasar Kali Klepu yang berlokasi di Desa Karanganyar, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, merupakan pusat niaga yang memadukan kuliner tempo dulu dengan wisata alam.

Obyek wisata kuliner tradisional Pasar Kali Klepu inisiasi dari Pemerintah Desa Karanganyar melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat. 

Dirintis sejak dua tahun terakhir, obyek wisata ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru, sekaligus shuttle area pariwisata diwilayah Kecamatan Kebonagung.

"Wisata Kali Klepu adalah sebagian kecil dari mimpi warga Desa Karanganyar untuk memaksimalkan potensi pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat," ungkap Pipit Handoko Kades Karanganyar.

Bupati Pacitan yang hadir melaunching obyek wisata kuliner tersebut memberikan apresiasi atas terciptanya ide dan gagasan sekaligus menjadi bukti bahwa masyarakat Karanganyar bisa membaca peluang keberadaan Jalur Lintas Selatan (JLS). 

Desa Karanganyar yang berada di tengah berpotensi menjadi destinasi baru. Wisatawan yang akan menuju obyek wisata timur Pacitan atau sebaliknya bisa mampir di Pasar Kali Klepu untuk beristirahat serta menikmati kuliner tradisional yang ada.

"Saya betul-betul mengapresiasi ini karena bisa memanfaatkan adanya Jalur Lintas Selatan. Artinya, bisa menangkap peluang jalur wisata Pacitan," kata Bupati, Senin Senin (21/02/22) lalu.

Obyek wisata kuliner tradisional Pasar Kali Klepu menyajikan beragam jajanan tradisional, seperti; kue serabi, bajingan (ubi rebus berbalur gula jawa), tape, nasi thiwul pecel, kopat tahu, dawet serta banyak lagi lainya. Jajanan tradisional buatan masyarakat setempat. 

Dalam bertransaksi pengunjung tidak diperkenankan menggunakan uang rupiah namun uang kampluk. 

Alat tukar tradisional tersebut bisa ditukar di area wisata. Sambil beristirahat pengunjung bisa menikmati sungai berair jernih dan bebatuan besar yang asri.

0 komentar:

Posting Komentar