Rabu, 30 Agustus 2023

Singgah dan Kagumi Megahnya Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon Sarat Sejarah


Salah satu Masjid yang menarik dikunjungi saat berada di Kota Cirebon adalah Masjid Raya At Taqwa dengan arsitektur mewah khas Timur Tengah.

Berkapasitas 5.500 jamaah, Tepatnya berada di Jalan Kartini, Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon ini didirikan pada tahun 1918 dan rampung tahun 1951.

RM Arhatha, kepala Koordinator Urusan Agama Cirebon yang menggagas merenovasi "Tajug Agung", nama awal masjid ini. Lalu diganti nama menjadi Masjid At-Taqwa. Karena sudah ada nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa di kasepuhan, yang dibangun pada 1498.

https://youtu.be/9D3pg_TA8e4?si=MLRwPTZZF6lThi9O

Masjid Raya At Taqwa berada di komplek Islamic Centre Kota Cirebon sebagai tempat kegiatan Dakwah, Sosial, dan Pelayanan bagi kegiatan ke-Agamaan.

Di depan komplek tersebut terdapat alun alun kota Cirebon yang unik pula. Karena di lapangan terdapat bata yang ditata rapi dengan rumput mengikuti arah kiblat yang kerap digunakan untuk sholat Jum'at dan Sholat Hari Raya.

Hal ini disebabkan karena alun-alun yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Raya At-Taqwa, juga kerap digunakan untuk shalat jemaah, seperti shalat Jumat dan shalat hari raya.

Alun alun dilengkapi jogging track, taman bermain anak, taman baca, toilet, paviliun, dan sentra UMKM.

Bila ingin mengetahui lebih jauh Masjid At Taqwa dan Islamic Centre Kota Cirebon bisa kunjungi websitenya www.attaqwacirebon.com

0 komentar:

Posting Komentar