Jumat, 29 September 2023

Mengenal Mesin Ketel Uap dan Meriam Koleksi Museum Surabaya


Rasa penasaran saat melihat  meriam besar dan mesin ketel uap yang mirip lokomotif kereta api. Benda-benda kuno ini dipajang di depan Museum Surabaya, tepatnya di pelataran Gedung Siola yang penuh sejarah. 

Dari jalan Tunjungan, ketiga benda ini selalu terlihat. Setelah mendekat barulah mengetahui sejarah benda kuno yang dipajang ini.



Adalah Mesin Ketel Uap atau Steam Engine Boiler yang diproduksi Ransomes Sims tahun 1911 and Jefries LD, England pada 1911. 

Mesin ini berfungsi sebagai penghasil air panas yang digunakan untuk membersihkan bulu-bulu binatang (babi) yang telah disembelih. Dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. 

Mesin ini memiliki bentuk yang unik seperti lokomotif di bagian belakang terdapat tulisan Ransomes, Sim and Jeffries LD 1911, Ipswich, England, dengan kode seri no.23933.

Sementara itu, kedua meriam kuno ditemukan di sekitar kawasan Jembatan Merah dan penjara Kalisosok Surabaya yang merupakan kawasan benteng di masanya.

Meriam-meriam ini dinyalakan dengan bubuk mesiu sebagai bahan pelontar proyektil bom maupun bola besi. Kedua meriam diletakkan di posisi strategis di dalam benteng untuk menghancurkan lawan saat itu.

Semua benda bersejarah ini terlihat utuh walau diletakkan di luar ruangan tetap kokoh karena terbuat dari besi. Penasaran bisa melihat langsung di Museum Surabaya ya, guys. 

0 komentar:

Posting Komentar