Jumat, 12 Juli 2024

Raker Perdana Baksos'e Suroboyo Dihadiri Belasan Komunitas


Baksos' e Suroboyo menggelar rapat kerja (raker) perdana yang diikuti belasan komunitas aktif di masyarakat, serta jajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) Surabaya.

Kegiatan raker sekaligus perayaan HUT Baksos' e Suroboyo ke-7 ini diselenggarakan di Kampus UNIPA, Jl. Dukuh Menanggal XII, Gayungan, Surabaya, tepat pukul 9 pagi hingga selesai, Minggu 7 Juli 2024.

Drs. Bambang Udi Ukoro SH, M.Si Ketua Baksos' Suroboyo berharap kedepan Baksos' e Suroboyo lebih maju dan semakin bermanfaat bagi masyarakat.

"Baksos'e Suroboyo tidak hanya membantu warga Surabaya saja tapi seluruh Indonesia. Seperti bencana Palu dan Lumajang, kami juga turut memberikan bantuan," terang Bambang Udi Ukoro.

"Baksos' e Suroboyo diharapkan makin kongkrit, berkontribusi kepada masyarakat, tidak hanya sosial tapi juga edukasi dan ekonomi. Oleh karenanya kami membentuk tim yang solid, berdaya dan bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkasnya.

https://youtu.be/X2DIOi9YXs8?si=EKZT9X13vtfYxweO

H. Abdullah Nurawi Ketua Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI) mengapresiasi Baksos'e Suroboyo yang mengumpulkan banyak komunitas di bidang sosial, ekonomi pelatihan dan lain lain sehingga membuat energi positif di masyarakat.

"Kami dari YHMCHI mendukung sepenuhnya kegiatan sosial yang dilakukan Baksos'e Suroboyo, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat," tegas Nurawi sebagai pembina Baksos'e Suroboyo.

Dalam acara pembukaan raker, diawali seluruh hadirin menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Lagu Baksos'e Suroboyo dan Hymne UNIPA. Dilanjutkan dengan sambutan sambutan, potong tumpeng ulang tahun dan perkenalan perwakilan komunitas. Dilanjutkan dengan pemaparan materi, pembagian kelompok, diskusi dan hasil diskusi.

Wakil Rektor I UNIPA Dr. Hj. Dwi Retnani Srinarwati, M.Si. mengapresiasi Baksos'e Suroboyo yang ternyata kumpulan berbagai komunitas dengan latar belakang bidang yang bermacam yang bermuara untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Ini sejalan dengan UNIPA Surabaya terkait pengabdian masyarakat. Diantara komunitas komunitas yang konsen pada peningkatan kewirausahaan, hal ini sama dengan salah satu bidang yang dikembangkan UNIPA Surabaya untuk meningkatkan kewirausahaan mahasiswa," jelasnya.

Dekan Fakultas Tehnik UNIPA Dr. Yunia Dwie Nurcahyanie S.T., M.T meminta Baksos' e Suroboyo dalam berkegiatan sosial kemasyarakatan, bisa terus melibatkan pihak kampus UNIPA Surabaya.

Prof. Dr. Zulkifli Rangkuti, SE., MM., M.Si, dari Universitas Mitra Bangsa melihat Baksos' e Suroboyo perlu didukung, karena sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk menjangkau masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. 

Hendy Prayitno, Ketua Ngasal (Ngaji Komunitas Pengusaha Salon) menyampaikan dukungannya terhadap Baksos' e Suroboyo. 

Selama ini pihaknya telah bekerja sama dengan Baksos'e Suroboyo dan YHMCHI terutama menjelang Ramadhan. Di mana ribuan warga pra sejahtera menerima bantuan potong rambut gratis dari Ngasal di halaman Masjid Cheng Hoo Surabaya.

Menariknya dalam raker setiap komunitas yang hadir memperkenalkan diri dan bidang yang dikerjakan untuk masyarakat. 

Di antaranya; Bikers FKPPI Motherland (BFM), Surabaya Digital City (SDC), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM),
Bengkel Lakune Arek Suroboyo (BLAS),
Grebeg Kampung, Komunitas Muda Mudi Surabaya (KMS), Diginesia, Workout Center Surabaya (WCS), Perkumpulan Profesi Yang Memayungi Para Mentor, Trainer, dan Coach (ARMORNESIA) dan Lorong Edukasi.

Bambang Udi Ukoro sebagai pemateri pertama, menjelaskan struktur organisasi Baksos'e Suroboyo, kegiatan sosial yang akan dilakukan, dan unit kegiatan.

Wakil Ketua Baksos' e Suroboyo Abdul Hakim mengaku bersyukur, acara berjalan lancar dari awal hingga akhir. Ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pihak UNIPA Surabaya yang menyediakan fasilitas.

Dalam acara itu doa pembuka dipimpin oleh Mizan Thoi'b. Sepanjang acara dipandu oleh MC Nanik. 

0 komentar:

Posting Komentar