Kamis, 29 Agustus 2024

Perguruan Silat Kun Thauw Boen Bio Surabaya Rayakan HUT ke-4 & Kenang Laoshi The Kang Hay


Perguruan Silat Kun Thauw Boen Bio Surabaya merayakan hari jadinya ke-4 tahun, di Graha Boen Bio Surabaya,  pada Rabu malam, 28 Agustus 2024, 

Acara ini juga menjadi momen untuk memperingati empat tahun meninggalnya Laoshi The Kang Hay (鄭江海), guru besar dan pendiri perguruan silat Kun Thauw.

Ketua Perguruan Silat Kun Thauw, Lie Tiang Hien (林中陽), dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran para tamu undangan.

Muliadi Tedjotjahjono, ketua panitia kegiatan, menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah untuk mengenang dan meneruskan ajaran Laoshi The Kang Hay.

"Selain itu, juga untuk menjalin tali silaturahmi dengan para murid beliau, serta mewariskan pada generasi berikutnya, lewat olahraga dan budaya Kun Thauw. Sebab, budaya Kun Thauw mengajarkan kita menjadi sosok pribadi yang fokus, berintegritas, telaten, teliti dan disiplin," kata Muliadi Tedjotjahjono.

Handoko Tjokro, perwakilan dari Makin Boen Bio mengatakan Kun Thauw memiliki sejarah panjang di Boen Bio. Handoko merupakan salah satu murid Kun Thauw pada tahun 1978. 




Kun Thauw sempat vakum cukup lama. Saat Handoko melayat ke mendiang Laoshi The Kang Hay empat tahun lalu, banyak mantan murid beliau hadir. 

"Dari situ, timbul ide untuk menghidupkan kembali Kun Thauw di Boen Bio hingga saat ini sebagai warisan budaya Tionghoa," kata Handoko.

Acara malam itu dimulai dengan penampilan tarian Barongsai dari Klenteng Boen Bio, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa secara Khonghucu yang dipimpin Wakil Ketua Makin Surabaya Boen Bio oleh Liem Tiong Yang (林中陽).

Puncak acara adalah pemotongan kue tart oleh Ketua Lie Tiang Hien yang didampingi para sesepuh, diikuti penyerahan bunga kepada sejumlah sesepuh, termasuk kepada Handoko Tjokro dan Ibu Hana, istri mendiang Laoshi The Kang Hay.

Acara dimeriahkan penampilan gerakan silat dari murid dan sesepuh perguruan Kun Thauw, Acara diakhiri dengan ramah tamah, menikmati hidangan, dan foto bersama. Sepanjang acara diiringi musik dari grup musik Harmoni Boen Bio dan dipandu oleh MC Cakra Kelana. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar