Minggu, 20 Oktober 2024

Wisata Religi Ziarah ke Makam Sunan Bonang Tuban



Wisatawan Nusantara ke Tuban banyak yang melakukan ziarah ke Makam Sunan Bonang dan Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmarqandi ayah dari Sunan Ampel Surabaya.

Letak Makam Sunan Bonang berada tak jauh dari alun alun. Makam Sunan Bonang pun selalu ramai peziarah.



Sunan Bonang dilahirkan pada tahun 1465 M di Rembang dengan nama Raden Maulana Makhdum Ibrahim. Beliau adalah putra Sunan Ampel dan Nyai Ageng Manila.

Sunan Bonang dikenal sebagai seorang penyebar Islam yang menguasai ilmu fikih, ushuluddin, tasawuf, seni, sastra, arsitektur, dan ilmu silat dengan kesaktian dan kedigdayaan menakjubkan.

Beliau belajar ilmu agama dari sang ayah, juga kepada Syaikh Maulana Ishak, yaitu sewaktu bersama-sama Sunan Giri ke Malaka dalam perjalanan haji ke tanah suci.

Menuju Makam Sunan Bonang tidaklah sulit karena letaknya strategis dibelakang Masjid Agung Tuban depan alun alun. Bisa naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Di depan alun alun terdapat pemberhentian bus antar kota.

Seperti halnya berwisata ke makam para wali, selalu ada pasar oleh oleh yang dilewati para peziarah. Seyogyanya membeli oleh oleh khas daerah tersebut guna menggeliatkan ekonomi masyarakat kecil. 

0 komentar:

Posting Komentar