Jumat, 12 Juni 2020

Menu Sajian Indian Resto Serasa Makan di Negeri Asal

Kuliner India perlu dicoba, salah satunya di Indian Resto The Real Taste of India and Arab Cuisine yang ada di Jalan KH Mas Mansyur no 126 Surabaya, tepatnya di kawasan religi Ampel. 

Indian Resto juga ada di Jalan Yulius Usman no. 22 Klojen Malang, dan Jalan Patimura 2c Kota Batu, kalau berwisata ke sana bisa langsung 'njujug'. Indian Resto memang dibuka lebih awal di Malang barulah di Surabaya.

Ada banyak menu pilihan yang disajikan tidak hanya masakan India tapi juga Pakistan, Nepal, Sri Langka, Afganistan dan Banglades. Dalam buku menu akan tertera keterangan asal masakan.


Harga setiap menu masih terbilang murah meriah mulai dari 10k demikian pula dengan minumanya kisaran 10k. 

Soal tempatnya, cukup menarik dan nyaman, bisa memilih duduk lesehan atau di kursi.

Diantaranya menu yang ditawarkan; 

Chicken Curry, merupakan hidangan khas India yang terbuat dari ayam, diolah dengan bawang dan saus berbasis tomat dibumbui dengan jahe, bawang putih, cabai dan berbagai rempah-rempah pilihan. Chicken Curry yang disajikan
bebas dari santan dan gula, sangat sehat dan bisa dimankan tanpa rasa khawatir.

Aloo Kema adalah daging cincang dan Kari Kentang khas Pakistan berbasis rempah-rempah India aromatik, disajikan dengan paratha, capati atau nasi putih. 

Mutton Karahi (Karahi Gosht) adalah salah satu hidangan Pakistan dan India Utara yang populer. Diproses dengan mengkombinasikan beberapa rempah khas India, daun salam dalam pasta bawang jahe bawang putih memberikan
rasa yang lezat dan menakjubkan. Mutton Karahi paling cocok disajikan dengan Naan, Capati/Paratha.

Paratha adalah makanan nasional India, Pakistan, Nepal, dan Bangladesh. Paratha terbuat dari adonan tepung gandum, dan digoreng dengan sedikit minyak. Teksturnya lebih crunchy atau renyah dibandingkan capati.

Capati hampir sama dengan Paratha. Capati terbuat dari adonan tepung dan digoreng tanpa minyak.

Naan dan roti pita terlihat sangat mirip. Tapi tidak seperti roti pita, naan memiliki lebih banyak bahan tambahan, sehingga rasanya lebih enak dan teksturnya lebih lembut. Naan dipanggang di tandoor oven tanah liat tradisional India dan disajikan dengan berbagai macam hidangan.

Seekh Kabab, disajikan dengan saus green chutney dan garlic mayonaise. Seekh Kabab adalah salah satu hidangan favorit dan paling direkomendasikan di Indian Resto.

Chicken Tikka, adalah "sate ayam"yang berasal dari wilayah Punjab di India dan Pakistan. Chikken Tikka terbuat dari potongan ayam yang direndam dalam bumbu dan yogurt, kemudian dipanggang dalam tandoor atau dipanggang manual,  disajikan dengan garlic mayonaise dan saus chutney. Lebih nikmat disajikan dengan Naan atau nasi putih.

Chicken Tandori atau ayam tandori
hidangan khas Punjab yang diproses dengan memanggang ayam yang direndam dalam yoghurt dan rempah-rempah di tandoor (oven tanah liat berbentuk silinder). Ini adalah hidangan
populer yang berasal dari subbenua India (Punjab), dan populer diberbagai negara lain.

Biryani, nasi khas Pakistan dan India yang memiliki rasa rempah yang kuat.

Mandi Pulao hidangan khas Afganistan yang dibuat dengan rempah sederhana berbeda dengan Pulao Pakistan dan India lebih pedas.

Menu Penutup Pilihan

Kheer khas dessert India dan Pakistan, dibuat dengan merebus beras dengan susu dan gula. Kheer dibumbui dengan kapulaga, saffron, dan pistachio. Biasanya disajikan sebagai makanan penutup.

Gulab Jamun adalah makangan penutup Pakistan berbasis susu, populer juga di
Sri Lanka, Nepal, Pakistan dan Bangladesh. Gulab Jamun diproses dari susu yang digoreng dan rendam dalam sirup gula dan bubuk kapulaga.

Kulfi adalah ice cream khas India, yang sangat sehat dan aman dibandingkan ice cream pada umumnya, dibuat dari campuran susu, gula, kacang mede, almond dan pista, tanpa penambahan zat additive (tanpa bahan pewarna, perasa, pemanis, dll)

Salad ada Indian Salad dan Chana Chaat.

Untuk minuman ada kopi Arab, aneka jus buah dan sebagainya. 

Bagaimana tertarik mencoba masakan khas wilayah India dan sekitarnya. Jangan jauh ke India, cukup ke Malang dan Surabaya di Indian Resto.


0 komentar:

Posting Komentar