Senin, 18 Januari 2021

Bertanam Tanpa Halaman Rumah



Banyak rumah di perkotaan tanpa halaman, apalagi tinggal di gang sempit. Bagaimana yang hobi menanam seperti salah satu ibu rumah tangga di Surabaya ini. Lily Zee memilih media pot untuk menanam beragam bunga karena tidak ada lahan di rumahnya.

Aneka tanaman bunga hias itu pun dirawatnya dari kecil hingga besar kemudian dijual secara online di media sosial. "Hasilnya lumayan, jadi menanam tidak sekedar hobi tapi juga dijual," jelasnya.

Menanam baginya kegiatan sangat menyenangkan apalagi di masa pandemi. Ilmu bertanam dipelajari dari media sosial demikian pula dengan berbagai jenis tanaman.




Beberapa tanaman yang laris dijual diantaranya tanaman toga, kelor, sambiloto, lavender, kemangi, kumis kucing, sirih jamu, jeruk, vinca atau tapak dara,  bunga telang dan sente hitam. Sedangkan tanaman hias diantaranya janda bolong, aglonema dan sirih-sirihan.

Lily mengatakan setelah diunggah di media sosial banyak yang membeli. Seperti janda bolong dibandrol 125K, sirih jamu 140K,  vinca yang rimbun 35K, bunga telang 50K dan sambiloto 30K.

Banyak manfaat menanam tanaman toga, terang ibu tiga anak ini, seperti sambiloto walau rasanya pahit tapi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kelor kaya akan manfaat yang biasanya dibuat sayur. Kelor memberi nutrisi untuk tubuh, menurunkan kadar gula, kolesterol, peradangan, kanker dan meningkatkan daya ingat.



"Tanaman hias yang lagi Hits saya juga menanamnya. Perawatannya mudah hanya disiram setiap pagi, lalu diberi pupuk dan disemprot anti hama," jelas wanita jebolan Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

0 komentar:

Posting Komentar