Sabtu, 23 Januari 2021

Jamur Crispy Murah Meriah & Ketahui Kandungan Gizinya



Sejarah mencatat beragam jenis jamur diolah aneka menu makanan yang bermanfaat bagi kesehatan sejak 3000 tahun lalu di Tiongkok dan telah dimanfaatkan sebagai obat-obatan sejak 2000 tahun lalu. Jamur hidup di alam liar dan dibudidayakan. Jamur yang dikonsumsi adalah jamur putih atau shitake. 

Jamur menjadi camilan murah meriah dan banyak dijual tak hanya di restoran tapi juga di kaki lima. Membuat camilan jamur crispy resepnya mudah dan murah meriah.

Berikut bahan yang dibutuhkan:
Jamur tiram
Tepung kanji 2 SDM
Tepung terigu 2 SDM 
Tepung beras 1 SDM
Garam, merica dan penyedap rasa
Air
Minyak goreng



Cara:
Ambil sedikit tepung kanji dan tepung terigu diberi air secukupnya lalu tambahkan garam, merica bubuk dan penyedap rasa. Masukkan jamur tiram yang sudah dibersihkan dan disuwir-suwir kedalam adonan tepung.

Selanjutnya masukkan jamur kedalam tepung kering campuran dari tepung beras, tepung kanji dan tepung terigu. Kemudian digoreng hingga kering atau matang. Sajikan.

Perkiraan harga:
1 bungkus jamur tiram 4k
1/4 tepung beras 3.5k
1/4 tepung kanji 3.5k
1/4 tepung terigu 2k
1/4 minyak goreng 3k

Selain digoreng, jamur tiram bisa ditumis, dibuat sayur sop juga dipepes dan dibothok. Kelezatan jamur tidak diragukan tapi tahukah kandungan gizinya?

Jamur tiram mengandung vitamin B dan D, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Jamur termasuk sumber makanan sehat yang rendah kalori.

0 komentar:

Posting Komentar