Jumat, 06 Agustus 2021

Danau Matano Ternyata Terdalam di Indonesia



Tahukah bila danau terdalam di Indonesia adalah Danau Matano di Sorowako, Sulawesi Selatan yang juga merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter. Jadi bukan Danau Toba yang sangat terkenal itu.

Kawasan Danau Matano merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Danau ini juga merupakan habitat bagi beberapa spesies fauna dan flora endemik.

Danau Matano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang akan direvitalisasi secara bertahap oleh Kementerian PUPR. Revitalisasi danau bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai.

Sementara itu, Danau Toba memiliki kedalaman 505 meter dengan luas lebih dari 1.130 kilometer persegi. Danau Toba pun dibilang lebih mirip lautan. Danau Toba terletak di Provinsi Sumatra Utara dan masuk di beberapa Kabupaten, yakni; Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.

Pemandangan Danau Toba sangatlah indah sebagai danau tekto-vulkanik merupakan lokasi letusan gunung berapi sekitar 74 ribu tahun lalu. Akibat letusan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika Timur Tengah dan India mempengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. 

0 komentar:

Posting Komentar