Selasa, 07 Desember 2021

Komunitas Pengusaha Tionghoa Bagi Paket Sembako di Tambak Bayan dan Gedung Setan



Komunitas Pengusaha Tionghoa Surabaya berbagi kasih dengan membagikan paket sembako kepada 90 KK warga Tambak Bayan dan 80 KK untuk warga Gedung Setan. Paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula, mie instant disambut sukacita warga kedua tempat, (4/12/12).

Lin Wei Ketua Komunitas Pengusaha Tionghoa Surabaya mengataka kegiatan bakti sosial untuk membantu masyarakat. "Kami para pengusaha Tionghoa hidup dan memperoleh penghasilan disini jadi wajib membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan," ujarnya di sela acara baksos.         

Ketua RW Tambak Bayan, Seno mengucapkan terima kasih bantuan yang diberikan pengusaha Komunitas Tionghoa Tionghoa Surabaya.   

Seno menyampaikan bahwa Kampung Tambak Bayan bekas istal (kandang kuda) dihuni warga Tionghoa, Jawa, Madura namun hingga kini hidup rukun dan toleransi antar etnis. 

Seno mengatakan bangunan kuno tersebut perlu perbaikan karena jika hujan tiba atapnya bocor, tembok mulai rapuh dan membutuhkan uluran tangan para donatur. 

Saat ini generasi keempat yang mayoritas warga Tionghoa menempati tempat tersebut. Ada yang menikah dengan etnis lain. Mata pencaharian mereka adalah serabutan ada yang menjadi tukang kayu, kuli bangunan, buruh, pengayuh becak, pemulung sampah. "Kampung Tambak Bayan meruoakan cikal bakal warga Tionghoa di masa lalu," jelas Seno.

Setelah itu rombongan pengusaha Tionghoa menuju ke Gedung Setan dan disambut gembira warga.  

Sutikno, koordinator warga Gedung Setan menceritakan kilas sejarah bangunan kuno yang merupakan bekas gedung pemerintahan Hindia Belanda. Saat perang kemerdekaan menjadi tempat pengungsian, setelah perang selesai sebagian warga kembali ke rumahnya masing-masing, sebagian warga rumahnya hancur dan sebagian di luar kota menetap hingga saat ini di Gedung Setan. 

Gedung Setan dibeli oleh dokter Teng Sioe Hie dari Semarang untuk dihuni masyarakat hingga kini.

Perhimpunan Indonesia Tionghoa Jatim (INTI) yang mengantarkan dan memperkenalkan kampung Tambak Bayan dan Gedung Setan kepada para pengusaha selaku donatur. (Sun)

0 komentar:

Posting Komentar