Senin, 07 Maret 2022

Jelang Ramadan di Masjid Jami' Gresik



Masjid Jami' Gresik atau dikenal Masjid Alun Alun Gresik ini berada di Jl. KH. Wachid Hasyim No.6, Pekauman, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik. Pastinya masih di seputaran alun alun kota sesuai namanya.

Didirikan oleh Nyai Gedhe Pinatih ibu asuh Sunan Giri yang menjabat sebagai Syahbandar Pelabuhan Timur, pada tahun 1458.

Masjid Jami'Gresik sempat mengalami beberapakali kebakaran. Juga pemindahan lokasi dari kawasan perbukitan tepi pelabuhan, menuju pusat perekonomian yang kini menjadi lokasi alun alun.

Sebelum terbakar, Sunan Maulana Malik Ibrahim sempat mengupayakan pemindahan dan pelebaran bangunan masjid untuk kebutuhan ibadah jamaah.

Masjid Jami' cukup luas, ketika masuk ke dalam akan terlihat bagian pembatas untuk jamaah laki laki dan perempuan. Selanjutnya naik ke atas menuju masjid utama. 





Bila diamati, dalam ruang utama masjid terlihat bangunan lama terdapat tangga menuju atas untuk mengumandangkan adzan pada jaman dulu. 

Tapi sekarang tidak, karena Masjid Jami' terdapat 2 menara tinggi dan kokoh di pelataran halaman depan.

Serambi masjid terlihat sangat luas sehingga bisa menampung banyak jamaah. 

Pada bagian kanan masjid jika berjalan ke belakang terdapat makam Habib Abu Bakar Assegaf tak pernah sepi diziarahi masyarakat dari berbagai kota. Beliau wafat pada tahun 1376 H dalam usia 91 tahun. 

Menjelang Ramadan, terlihat banyak jamaah yang datang melakukan ziarah ke makam Habib Abu Bakar Assegaf dan melaksanakan sholat di Masjid Jami'. Bahkan terlihat jamaah yang beristirahat sejenak sebelum melakukan wisata religi di Kota Gresik.

Gresik memang Kota Wali karena banyak makam waliyullah di sini. Di antaranya; Sunan Giri, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Raden Santri Sayid Ali Murtadhlo, Nyai Gedhe Pinatih, Siti Fatimah Binti Maimun dan lain lain. Disebut pula Kota Santri karena banyak pondok pesantren di Gresik.

0 komentar:

Posting Komentar