Senin, 07 Maret 2022

Minggu Pagi di Alun Alun Gresik



Alun alun Kota Gresik memang unik menarik, berbeda dan menjadi jujugan warga. Apalagi pada hari Minggu semakin ramai pengunjung.

Terdapat bangunan bertingkat mengelilingi alun alun yang semakin membuat nyaman pengunjung nyaman berjalan jalan, sembari melihat beragam aktivitas warga. 

Uniknya lagi, ada bangunan semacam pendopo yang luas di bagian atas. 

Alun alun Gresik cukup asri dengan banyak pohon yang ditanam. Bahkan dari atas, pengunjung bisa melihat berbagai bentuk taman mulai dari laba laba dan hati. 





Memiliki luas 8.123 meter persegi, alun alun yang dibuka tahun 2019 dipenuhi 21 jenis pohon dengan total 146.260 batang untuk mempercantik dan menjadi swafoto pengunjung.

Warga pun memanfaatkan untuk mengais rejeki. terdapat deretan makanan minuman yang dijual pedagang kaki lima, aneka mainan sewa untuk anak-anak, kerajinan, naik dokar dan sebagainya. 

Pastinya membuat betah keluarga yang berwisata disana. Pecinta olahraga lari pun dimanjakan dengan adanya track untuk joging. 

Menuju alun alun Gresik tidak sulit, karena ada angkutan kota menuju ke sana selain transportasi online. Jarak Gresik Surabaya hanya ditempuh 40 menitan saja. 

Masih di seputaran alun alun ada Masjid Jami' Gresik yang cukup tua penuh sejarah. Di sebelahnya lagi Pendopo Kabupaten Gresik. Tak jauh terdapat Kelenteng Kim Hin Kiong dan pelabuhan.

Tatanan alun alun Gresik ini masih seperti jaman dahulu. Sebagai kota kecil di pesisir tempat singgah para pedagang mancanegara.

0 komentar:

Posting Komentar