Selasa, 30 Juli 2024

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Tzu Chi Surabaya Didukung Donatur


Keluarga besar Tzu Chi sangat berbahagia dapat melakukan Peletakan Batu Pertama Kantor Tzu Chi, di Jalan Taman Lidah Bukit Mas Barat Blok K1, Wisata Bukit Mas 2 Surabaya, tepat pukul 10 siang, Sabtu 27 Juli 2024.

Amin Tanjung Wakil Ketua Yayasan Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Surabaya, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur. 

"Kantor ini sebagai simbul melayani masyarakat dengan tulus. Para donatur bisa mendukung setiap kegiatan Tzu Chi dan dalam waktu singkat ini membutuhkan uluran tangan baik moral maupun material," ujar Amin Tanjung yang berharap kantor baru memberikan manfaat bagi masyarakat Surabaya.




Soedomo Mergonoto perwakilan donatur mengaku sangat bahagia, bahwa akhirnya Tzu Chi Surabaya bisa memiliki kantor semua sumbangan dari donatur. 

"Tzu Chi Surabaya ini ketinggalan lama dari Jakarta yang sudah memiliki kantor yang besar. Keinginan membangun kantor sendiri sudah 10 - 20 tahun lalu, baru terwujud sekarang," ujar Bos Kopi Kapal Api.

Masih kata Soedomo Mergonoto yang menegaskan bahwa Tzu Chi sebagai organisasi sosial tidak pandang agama, siapapun bisa ikut menjadi relawan. Sukarelawan inipun tidak dibayar, tapi mereka memiliki hati luar biasa. Tzu Chi menyintai banyak orang dengan kasih. 

Kegiatan sosial Tzu Chi pun sangat banyak. Di antaranya pembagian beras, membangun rumah orang tidak mampu, operasi katarak, orang sakit diobati sampai tuntas. Oleh karenanya, Soedomo Mergonoto mengajak para donatur makin peduli dan mendukung kegiatan sosial Tzu Chi.

Dalam acara itu, para relawan Tzu Chi menampilkan gerakan Sebarkan Cinta Kasih ke Seluruh Dunia dan Dunia Satu Keluarga.

Selanjutnya dilakukan peletakan batu pertama dengan menyekop pasir 3 kali yang dibagi 3 tahap oleh para donatur, pengurus Tzu Chi Surabaya, relawan, lurah mewakili pemerintah setempat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), Danramil, Kapolsek, Perbankan, STIKES Adi Husada Surabaya dan lain lain.

Setelah itu dilakukan doa bersama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tzu Chi Surabaya Vivian Fan, Soedomo Mergonoto, Pieko Njotosetiadi, Heru Budihartono dan pimpinan TETO Surabaya Isaac Chiu.

Totok Sudarto selaku Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya yang diundang hadir, mengucapkan selamat atas peletakan batu pertama pembangunan kantor Tzu Chi Surabaya.

"Tzu Chi sangat luar biasa, mendidik saya sehingga bisa di PMI yang melayani donor darah untuk masyarakat," ujar Totok Sudarto yang mengaku dulunya relawan Tzu Chi.

Baik PMI maupun Totok Sudarto mendapatkan penghargaan dari MURI pada 2019. PMI memecahkan rekor jumlah donor darah sukarela 100 kali terbanyak pada 2012-2018 se-Indonesia. Sedangkan Totok Sudarto sebagai penggerak donor darah yang telah memperoleh hasil donor darah sukarela terbanyak selama satu dekade tahun 2012-2018.

Totok Sudarto berharap dirinya dan Tzu Chi yang rutin menyelenggarakan donor darah kemanusiaan bisa bergabung.

"Tzu Chi sangat bagus dan memperjuangkan sesama manusia dengan cinta kasih. Mudah mudahan banyak relawan. Nantinya dengan kantor baru, program Tzu Chi makin lancar," harap Totok Sudarto.

Tzu Chi yang berkiprah di Surabaya sejak 23 tahun lalu merupakan organisasi sosial tanpa memandang suku ras dan agama. 

0 komentar:

Posting Komentar