Selasa, 13 Agustus 2024

Yayasan Sahabat Sinoman Indonesia Gelar Upacara Ulambana dan Bagi 1.000 Paket Sembako


Pengurus Yayasan Sahabat Sinoman Surabaya (Xiang You Hui 泗水香友会玄天上帝庙) menggelar upacara Sembahyang Rebutan atau Ulambana, Chao Du, Zhong Yuan Jie [中元节], yang diperingati setiap bulan 7 lunar.

Bulan Bhakti Leluhur ini merupakan bulan penuh berkah sebagai momen yang indah mengenang, menunjukkan kasih sayang, penghormatan kepada leluhur dan keluarga yang telah tiada.

Upacara sembahyang Ulambana (yu lan pen hui) di Xiang You Hui dilakukan mulai pukul 8 pagi hingga malam, pada Minggu 11 Agustus 2024.




Budhi Tanuwijaya Ketua Xiang You Hui mengatakan upacara Ulambana dipimpin para Bante, diikuti pengurus, anggota maupun umat simpatisan.

“Sembahyang yang dilakukan setiap tahun ini mendoakan arwah para leluhur dan keluarga yang mendahului kita, agar mereka berbahagia di alam semesta sana,” terang Budhi Tanuwijaya.

Pada puncak sembahyang Ulambana dilakukan pembakaran replika kapal atau perahu yang terbuat dari kertas untuk mengantar roh para leluhur, serta keluarga yang telah meninggal, ke surga. Selain, memberi keselamatan dan mendatangkan keberuntungan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Pembakaran perahu dipimpin langsung oleh Budhi Tanuwijaya diikuti para pengurus dan umat, di halaman depan Gedung Xiang You Hui. Perahu pun terbakar dengan cepat diiringi doa dari seluruh keluarga. 

Pada keesokan hari, Senin (12/8/24) tepat pukul 3 sore, pengurus membagikan 1.000 paket sembako untuk warga dhuafa sekitar dan 3 panti asuhan. 

Satu paket sembako berisi; 3 kg beras, 1 ltr minyak goreng, 1 kg gula dan 4 bks mie instan 4. 

"Sumbangan sembako dari para pengurus dan donatur. Kalau dulu setelah selesai sembahyang, semua sesajian direbut. Kalau sekarang kita bagikan sembako kepada masyarakat," terang Budhi Tanuwijaya yang berharap pemberian bantuan sembako dapat meringankan beban masyarakat.

Donasi sembako di antaranya dari Hermawan Santoso Ketua Yayasan Bhakti Persatuan, Djunaedi, Totok Sudarto, Alexander Tansil, Willy Budiono, Tjipto Hartono, dan lain lain.

Turut hadir dalam kegiatan baksos pembagian sembako, para pengurus di antaranya; Agus Kuarso (wakil ketua), Hadi Surjono (Sekretaris), Titin Herlina (Bendahara), Ling Ling (Seksi Wanita), Chandra Wurianto Woo, Oei Tjing Yen Humas PITI Surabaya, Babinsa, dan lain lain. 

0 komentar:

Posting Komentar